Trik Yang Dapat Mengubah Ruang Tamu Kecil Menjadi Lebih Luas


Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kawasan perkotaan tentunya acap kali kali berhadapan dengan ruangan yang terbatas. Bila ini situasi Anda, Anda dapat memperhitungkan ruang tamu kecil sebagai tantangan desain yang kreatif. Kunci hidup senang dan nyaman di ruang-ruang yang sempit adalah dengan menggabungkan berjenis-jenis solusi hemat ruang dan multifungsi sekaligus mengekspresikan gaya pribadi Anda. Keputusan yang bijak akan menghasilkan ruang yang Anda butuhkan serta mengubah ruangan Anda menjadi istimewa dan mengundang. Untuk mempermudah anda dalam mendapatkan tetamu atau sebagai ruang anda berkumpul bersama keluarga anda dapat membelikan kursi tamu jati yang bisa anda pakai untuk menyambut tetamu besar anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memanfaatkan sebagian besar ruang yang betul-betul penting adalah: ruang tamu.



Ruang tanpa batas

Pada ruang tamu yang terbatas, Anda dapat menghasilkan ruang yang lapang dengan membuka pintu atau dinding sehingga ruang-ruang di sebelahnya dapat menyatu. Ruang tamu bisa terdiri dari gabungan ruang tamu, ruang makan dan dapur jika Anda menyingkirkan setiap dinding pemisahnya. Demikian pula, memperlebar pintu dan membukanya ke arah langit-langit akan memberikan kesan lapang dan lebih terbuka.

Manfaatkan furnitur built-in

Perabot built-in adalah pandangan baru investasi yang bagus sekaligus solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruang tamu yang terbatas. Anda dapat menyesuaikan masing-masing furnitur untuk ruang tamu Anda serta menambahkan satu atau dua elemen lain untuk mengembangkan pemakaiannya.

Salah satu contohnya adalah tempat penyimpanan multifungsi yang tersembunyi di bawah sofa built-in. Bila membeli furnitur dengan contoh khusus melebihi anggaran Anda, kembangkan kreativitas Anda dengan laci buatan sendiri di bawah sofa atau rak tempel pada dinding. Pasanglah rak setinggi dinding untuk menghasilkan pola vertikal. Penempatan rak yang lebih tinggi akan membantu menghasilkan kesan padat di dalam ruangan.

Tata letak dan pencahayaan kreatif

Kalau memungkinkan, cobalah merapikan furnitur dengan membuat pemisahan antara beberapa zona fungsional. Kiat ini akan membantu menentukan fungsi yang berbeda dalam satu ruang; misal menempatkan meja di belakang sofa untuk menghasilkan ruang kerja, atau mengatur tempat duduk dan sofa Anda dengan cara sedemikian rupa sehingga memisahkan ruang tamu dari ruang makan.

Anda dapat menentukan tata letak dengan menempatkan lampu gantung yang berbeda di masing-masing zona yang terpisah, misal di zona ruang tamu, gunakan lampu yang dekat dengan langit-langit. Kemudian, di ruang makan sebelahnya, gunakan lampu contoh lain yang menggantung tepat di atas meja.

Cahaya alami maksimal

Manfaatkan sumber cahaya alami untuk membuat ruangan lebih cerah. Sebuah ruangan yang diterangi cahaya sang surya nampak lebih terbuka dan membantu menyingkirkan bayang-bayang yang dapat membuat daerah tertutup nampak lebih kecil. Cara paling mudah untuk mengembangkan cahaya alami dalam sebuah ruang adalah dengan menempatkan cermin yang akan memantulkan cahaya melewati jendela. Selain itu, cermin juga menghasilkan ilusi ruang yang kontras. Kalau memungkinkan, tempatkan furnitur yang paling acap kali kali dipakai seperti sofa atau tempat duduk yang nyaman sehingga memiliki pandangan ke arah luar.

Alternatif warna yang pas

Penggunaan warna klasik putih atau pastel masih menjadi pilihan terbaik untuk mengecat ruang yang lebih kecil. Selain itu, pengecatan lis dan dinding dalam ruangan dengan warna yang sama juga menarik perhatian dan menyoroti langit-langit, seperti di ruangan ini. Tetapi, Anda juga dapat memilih warna yang lebih gelap dan menenangkan seperti misalnya, biru tua atau abu-abu tua, yang dapat membuat ruang kecil lebih terkesan mengundang. Trik dalam sebuah ruang kecil adalah dengan menyeimbangkan dinding gelap dengan faktor-faktor yang lebih terang untuk menghasilkan kedalaman dan mencerahkan ruangan, misal menempatkan sofa berwarna lebih terang pada dinding yang gelap. Tambahkan dengan furnitur berwarna lebih terang, aksesoris warna-warni dan karpet berpola.


Bila Anda berani, Anda dapat juga bereksperimen dengan cat atau wallpaper berpola garis vertikal atau horizontal pada dinding, yang secara visual akan memperluas atau memanjangkan dinding.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Cara Memilih Dipan Minimalis Yang Baik